iPhone 5C Tak Bisa Akses 3G




Coba cek di belakang iPhone 5C  Anda gunakan, kode produknya berapa, misal kodenya A1532 atau A1507 dll. Karena tidak semua kode produk sama di tiap-tiap negara. (Kalau iPhone 5C Anda resmi keluaran distributor resmi Indonesia, seharusnya network yang digunakan akan sesuai dengan network operator di Indonesia.)

Kemudian buka situs ini. Perhatikan di bagian Cellular and Wireless, dan cek apakah iPhone tersebut memiliki network yang sama dengan frekuensi 3G yang digunakan Telkomsel (1900MHz dan 2100MHz). Untuk lebih memastikan, jika sudah diketahui frekuensinya mendukung, masuk ke setting, general dan coba pilih reset network setting.

Langkah berikutnya jika tidak terjadi perubahan, kita mengacu kepada SIM Card yang Anda gunakan di iPhone 5C. iPhone 5C menggunakan SIM Card ukuran nano, dan seringkali ukuran ini dihasilkan dari pemotongan ukuran SIM card yang lebih besar. 

Jika SIM card Anda hasil pemotongan, coba datanglah ke grapari Telkomsel yang paling besar di kota Anda, dan mintakan SIM card yang originalnya memang sudah berukuran nano SIM bukan hasil dari pemotongan. Karena sebenarnya SIM card nano secara ketebalan pun berbeda kurang lebih 30% lebih tipis dari SIM standar (mini atau micro SIM). 

Proses pemotongan sebenarnya memberikan tekanan kepada chip SIM card, dan seringkali tidak semua pemotong sama bagusnya kualitasnya. Terkadang proses pemotongan ini selain tidak pas pada ukuran, misal membuat bagian chip ada yang terpotong, bisa juga membuat chip SIM card rusak karena deformasi ketika mengalami tekanan saat prose pemotongan tersebut.

Cara berikutnya, seringkali OS yang terinstal di perangkat iPhone juga berpengaruh kepada penerimaan sinyal. Coba update ke OS terakhir, yang bisa diakses lewat menu setting. Pastikan Anda menggunakan koneksi WiFi yang bagus untuk men-download iOS yang seringkali termasuk sangat besar ukuran filenya. 

Jika semua cara tersebut tidak berhasil bahkan ketika anda sudah mem-factory reset iPhone 5C tersebut, kemungkinan masalahnya ada di hardware. Silakan dibawa ke service center resmi terdekat.

Subscribe to receive free email updates: