KENAPA MEMORI SELALU PENUH PADAHAL MASIH KOSONG BANYAK?





Sering banget banyak pertanyaan seperti itu dari user yang saya hadapi mungkin artikel ini bisa membantu anda yang mungkin masih awam pada kasus ini.

Memori pada smartphone biasanya terbagi dua, memori internal yaitu memory di dalam smartphone dan memori eksternal yaitu memory card yang bisa kita tambahkan. Untuk instal aplikasi, kebanyakan aplikasi di desain untuk terinstal di memori internal

Setelah terinstal di memori internalada aplikasi-aplikasi yang bisa kita pindahkan ke memori eksternal, yang bisa dilakukan di setting application. Akan ada keterangan untuk move to eksternal storage, jika aplikasi yang bersangkutan bisa dipindahkan.


memori internal sendiri bisa terbagi dalam beberapa partisi. Ponsel-ponsel terbaru biasanya membagi hanya 2 partisi, satu partisi secure untuk system, yang tanpa kondisi root tidak bisa kita akses, dan satu partisi disediakan untuk menginstal aplikasi dan data berbarengan.


Nah untuk solution kasus tadi di judul, sepertinya partisi internal storage masih menganut sistem 3 partisi. Satu untuk sistem, satu partisi untuk aplikasi, dan satu partisi untuk data. Sistem ini biasa menyebut satu partisi sebagai internal storage dan satu partisi lagi sebagai phone storage. Partisi seperti ini dibuat demi keamanan data menyangkut OS android yang digunakan.


Yang didapati masih kosong kemungkinan adalah partisi phone storage yang disiapkan untuk data, seperti foto, video, lagu, attachment, dan lain-lain. Sedangkan internal storage untuk meng-install aplikasi memang sudah penuh.


Hal ini biasa dialami oleh smartphone Android yang memiliki internal storage kecil, seperti 4 GB atau 8 GB, dan masih mempartisinya dengan 3 partisi.


Cara terbaik adalah memformat handpone dengan cara reset ke pengaturan pabrik dengan resiko aplikasi dan data terhapus namun jika handpone masih bisa di backup bisa aman untuk file lain selain aplikasi tambahan yang akan hilang jika di format.


Cara sementara untuk membuat lega internal memori adalah menghapus file junk atau sampah, yang berisicache dan temporary files. Bisa dilakukan lewat setting, storage, pilih cache files dan hapus, atau bisa menggunakan aplikasi lain seperti cc cleaner atau clean master yang bisa di-download di PlayStore. 


Hanya saja saran saya, setelah digunakan untuk membuang junk files, aplikasi tersebut di uninstall kembali, karena selain membawa banyak iklan, running terus di background, juga mendorong pengguna untuk menginstal aplikasi-aplikasi lain yang tidak kita butuhkan. Instal lagi aplikasi tersebut jika nanti dibutuhkan.





Terima kasih semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: