Cara Supaya Baterai Handpone Awet

Jika CPU adalah otak dari handphone Anda, maka baterai adalah hatinya. Dan seperti jantung Anda, ada beberapa cara agar baterai anda tetap sehat.

Meskipun ada batas waktu untuk perangkat dan baterai anda. Tapi bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda dan bagaimana Anda memperlakukannya, menentukan jangka waktu perangkat anda tanpa mengeluarkan biaya, tetapi juga berapa lama baterai itu di pergunakan.  Berikut adalah beberapa tipsnya.

Mengidentifikasi kesalahan perangkat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana Anda benar-benar menggunakan baterai Anda, dan aplikasi . Kedua iOS dan Android memberikan rincian sederhana tentang apa yang menguras baterai Anda pada waktu tertentu. Berikut adalah cara untuk menemukannya:

iOS: Buka Pengaturan> Umum> Penggunaan> Penggunaan baterai. Dari sana, Anda dapat mengidentifikasi semua pelaku dan mulai berpikir tentang bagaimana untuk memfokuskan upaya konservasi baterai Anda.

Android: Buka Pengaturan> Baterai untuk mengungkapkan daftar serupa aplikasi dan fungsi yang menguras baterai Anda.

Kelola Setelan Anda



Ada sejumlah cara untuk menghemat baterai Anda dan memperpanjang hidupnya. Tergantung pada apakah Anda dalam keadaan darurat, atau jika Anda hanya ingin membatasi penggunaan secara umum, ada beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai

  • Pengaturan layar


Apakah Anda menggunakan iOS atau Android, layar hampir pasti penghabis baterai terbesar di ponsel Anda.


Ketika terang, bisa meredupkan layar! Tidak hanya akan menghemat persentase baterai, tetapi akan mengurangi suhu operasi ponsel dan berkontribusi untuk hidup lebih lama. (Setelah semua, panas adalah musuh alami elektronik.) Muncul kecerahan bila diperlukan, lebih baiknya auto di nonaktifkan atau jika Anda hanya ingin membatasi penggunaan secara umum, ada beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai

  • Matikan Animasi (ios)


Di iOS 7, Apple memperkenalkan sejumlah besar animasi baru mewah untuk user interface-nya. Ini termasuk efek zooming yang terjadi ketika Anda mengubah aplikasi dan efek pada gambar latar belakang Anda ketika mengoperasikan telepon. Mereka cukup, tidak diragukan lagi, tetapi mereka juga memakan seluruh inti CPU, dan menambah beban untuk baterai.

Cara menonaktifkan fitur ini. Berikut caranya:

iOS 7 +: Buka Pengaturan> Umum> Aksesibilitas> Mengurangi Gerak dan mengubah pengaturan.

  • Matikan Layanan Lokasi (GPS )


GPS adalah perusak baterai yang serius. Jika Anda pernah menggunakan Google Maps pada waktu yang lama tanpa mengisi baterai telepon Anda, Anda akan tau handpone akan cepat mati. Aplikasi lain yang memerlukan GPS juga tidak perlu di aktifkan.



Jika fitur ini tidak di gunakan dalam keadaan mencari lokasi lebih baik di off kan saja. caranya :

iOS: Buka Pengaturan> Privasi> Layanan Lokasi.

Android: Buka Pengaturan> Umum> Location.

  • Meperbaharui aplikasi secara manual


Kebanyakan smartphone termasuk pilihan untuk secara otomatis men-download update aplikasi ketika mereka menjadi tersedia. Ini mebuat anda tidak perlu repot update satu persatu, tapi itu menguras baterai Anda. Ini akan memperpendek jangka tahan baterai, matikan update aplikasi otomatis dan men-download versi baru secara manual (sebaiknya melalui WiFi).

iOS: Buka Pengaturan> iTunes & App Store. Dari sana, Anda dapat beralih download otomatis untuk Pembaruan, serta Music, Apps, dan Buku. Sementara Anda berada di sana, melihat beralih "Gunakan Seluler Data" untuk memastikan Anda tidak menggunakan data seluler untuk membuat download ini.

Android: Buka Play Store> Settings> Pembaruan aplikasi, dan mengubah auto-update atau mengaturnya untuk informasi lebih WiFi saja.

  • Menonaktifkan Baground data



Banyak aplikasi terus berjalan saat Anda tidak menggunakan mereka, mengisap pulsa data di latar belakang. Hal ini terutama berlaku untuk email dan aplikasi media sosial. Kadang-kadang penggunaan data ini diperlukan, tapi kadang-kadang tidak. Dan setiap kali sebuah aplikasi mengaktifkan selular atau WiFi radio untuk merefress, itu menguras baterai Anda.

Untuk menjaga penggunaan baterai minimum, Anda baik dapat menonaktifkan data latar belakang dan memperbarui informasi dengan mengakses aplikasi Anda secara manual, atau menyesuaikan aplikasi mana yang diizinkan untuk menggunakan data latar belakang.

iOS: Buka Pengaturan> Umum> Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

Android: Buka Pengaturan> Data Usage.

  • Menonaktifkan Push Notifications


Setiap kali Anda menerima pemberitahuan push, layar lampu Anda dan cadangan baterai Anda turun. (Tergantung pada pengaturan Anda, ponsel Anda juga dapat berdering atau bergetar, ini juga penguras baterai.)

Anda dapat menyimpan sedikit daya dengan membatasi pemberitahuan push ke aplikasi yang paling diperlukan, seperti Twitter dan pesan, yang perlu atau tidak tergantung kebutuhan

iOS: Buka Pengaturan> Pemberitahuan dan pilih aplikasi yang akan disertakan.

Android: Buka Pengaturan> Suara & pemberitahuan (atau "Suara" di Android 5.0+)> pemberitahuan App.




  • Matikan Airdrop (ios)


AirDrop adalah fitur bagus, disematkan di iOS yang memungkinkan Anda untuk berbagi file dengan pengguna iPhone terdekat lainnya (via Bluetooth). Tapi tidak ada alasan untuk mengunakanya jika Anda tidak menggunakannya. Bahkan, itu akan membuang-buang baterai.

iOS: Buka Control Center> tombol AirDrop. Dari sana, Anda dapat menonaktifkan AirDrop, atau membuat perangkat Anda dapat ditemukan untuk "Kontak Only" atau "Semua orang" di jaringan tertentu.

  • Matikan getar


Mengatur telepon pada posisi getar itu merupakan bagian dari telepon, tapi itu benar-benar menguras baterai yang lebih dari nada dering.matikan modus getar pada saat mengetik di keyboard.

iOS: Buka Pengaturan> Suara untuk menyesuaikan pengaturan Getar Anda. Sementara Anda berada di sana, gulir ke bawah untuk mematikan Klik Keyboard.

Android: Dalam Android 4.0 ke 4.4.4, cukup tekan Volume Turun sampai Anda merasa telepon bergetar, lalu tekan sekali lagi untuk membungkam semua pemberitahuan. Di Android 5.0+, Anda dapat menggunakan prosedur yang sama untuk mengatur telepon agar bergetar, lalu ketuk Kosong untuk menonaktifkan semua notifikasi (termasuk getaran) atau Prioritas hanya memungkinkan kelompok memilih pemberitahuan masuk.


  • Menonaktifkan WiFi yang tidak perlu / Seluler / Bluetooth Radio
Telepon Anda memiliki banyak jaringan radio, dan mereka semua akan menguras baterai. Jika Anda tidak akan menggunakan web dan tidak perlu update email sering, Anda dapat menonaktifkan data seluler Anda untuk menyimpan beberapa volt. Hal yang sama dengan WiFi. Ini juga merupakan kebiasaan yang baik untuk mematikan konektivitas Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya.

Jika baterai anda sudah tinggal setengah anda pasti akan merasa resah bagimana caranya mengirit voltase baterai, pasti Anda hanya akan mengaktifkan mode terbang. Ini mengubah ponsel Anda menjadi 100% offline.

Pada saat jaringan sulit baik wifi atau jaringan data lebih baik untuk di mode terbang karena hal itu akan banyak menguras baterai perangkat anda.

iOS: Buka Pengaturan dan Anda akan menemukan pilihan konektivitas untuk WiFi, Bluetooth, Seluler, dan Airplane Mode tepat di atas. Anda juga dapat membuka Control Center untuk beralih WiFi, Bluetooth, dan Airplane mode.

  • Gunakan Modus Battery Saver
Ponsel Android unggulan terbaru (seperti Samsung Galaxy dan seri Google Nexus) termasuk mode penghemat baterai yang dapat memperpanjang umur baterai Anda dengan secara otomatis menerapkan banyak pengaturan yang diuraikan di atas. Anggap saja seperti dukungan hidup ketika baterai Anda di ICU.

Android: Dalam Android 4.0 ke 4.4.4, pergi ke Settings> Battery dan tekan beralih Battery Saver. Di Android 5.0+, masuk ke Settings> Battery> Menu> Penghemat baterai.

iOS: iOS 8 tidak menawarkan modus Battery Saver, tetapi dengan iOS mendatang 9, pengguna iPhone akan mendapatkannya. Jika Anda sudah upgrade ke iOS 9 Public Beta, Anda bisa pergi ke Settings> Battery dan beralih Low Power Mode.






advan,asus,experia,trick,tips,solution,flash,cara flash,samsung,firmware

Subscribe to receive free email updates: