Pertolongan Pertama Handphone/ Gedget Masuk Air






Bagaimana caranya penanganan pertama pada  handphone kesayamgan anda kemasukan,tersiram,tercelup dan terkontaminasi dengan air? jangan pernah menyepelekan yang namanya air ,karena air adalah musuh besar alat elektonik khususnya handphone anda. Setetes air bisa mengakibatkan handphone kesayangan anda tidak berkutik.

Sifat air sendiri di dalam ilmu elektronik termasuk zat yang mudah mengantarkan arus listrik, dimana elektronik dan khususnya handphone adalah perangkat di penuhi dan berfungsi karena aliran listrik. 

Mungkin anda pernah mengalami hal dimana perangkat genggam anda rusak,mati di karenakan tersiram air, masuk dalam rendaman pakaian, masuk dalam mesin cuci, nyelup di teh atau kopy,ikut berenang di pantai dan banyak lagi. simak tips n triknya berikut ini :

Saya akan kategorikan beberapa tipe air yang sering terdapat pada handphone yang pernah saya tangani, yaitu :


  • Air tawar
  • Air laut/ payaw (air yang sangat mudah membuat korosi dengan cepat)
  • Air Minuman yang mengandung gula dan air sabun

Cara penangananya sesuai kategori air tersebut di atas:




  • Air Tawar ( air tanaah,sungai)
Air tawar bersifat penghantar arus yang sangat pontensial untuk listrik, air tawar merupakan air yang tidak terlalu sulit untuk membersihkannya dan penanganan pada perangkat elektronik. Dengan catatan jangan terlalu lama waktu dari kejadian sampai penanganannya.Di bawah ada beberapa cara jika air tawar yang masuk dalam handphone anda adalah:
  1. Segera Matikan perangkat anda jika perangkat masih hidup, dan jangan di nyalakan jika handpone anda mati.(supaya arus listrik yang ada dalam perangkat anda tidak menggila atau konslet pada komponen penting perangkat anda)
  2. Lepas baterai. Untuk tipe handphone sekarang ini banyak baterai yang tidak bisa di lepas atau istilahya "paten" untuk melepasnya lebih baik oleh ahli yang mengerti tentang handpone atau tukang service.
  3. Siapkan tisu atau kain kering untuk membuang sisa air yang masih ada di perangkat anda dengan cara di tekan supaya air meresap dalm tisu atau kain. Keringkan lanjutan perangkat anda dengan cara di jemur atau simpan di dekat lampu meja anda.jika bisa di lepas casingnya lebih bagus lagi lepaslah terlebih dahulu  supaya pengeringannya maksimal.
  4. Jangan coba coba perangkat anda di charger sebelum air benar benar kering. diamkan perangkat anda setidaknya minimal 24 jam setelah proses pengeringan. ( jika ingin cepat, bawa ketempat service segera).


  • Air laut/ payaw (air yang sangat mudah membuat korosi dengan cepat)
Air ini bisa di bilang air perusak jika tidak baik penangananya. air model ini bisa membuat alat elektronik apapun menjadi hancur. penangannannya diantaranya adalah:

  1. Jangan biarkan atau meninggalkan perangkat dengan waktu yang lama karena air tipe ini dalam waktu 1 jam saja sudah bisa membuat mesin handphone anda korosi , Segera lepas baterai dan atributnya yaitu cassing ,kamera speaker dan yang lainnya sisakan hanya mesin saja.
  2. Sesegera mungkin mesin handphone yang sudah terpisah dari casingnya cuci dengan air tawar terlebih dahulu dengan air yang mengalir dalam artian air yang keluar dari kran.
  3. Keringkan dengan blower atau hairdrayer
  4. Setelah masukan mesin dalam rendaman tiner tunggu sekitar 1jam, kemudian sikat mesin menggunakan sikat atau koas.
  5. keringkan kembali mesin menggunakan blower/ solder uap dengan kapasitas panas 100 dengan tekanan udara full.


  •  Air gula dan gel (air yang mengandung gula seperti air susu, air kopi,madu,air sabun, farfum dll).
Air kategori ini lumayan sedikit menyulitkan untuk di bersihkan, sama dengan air tawar karena bersifat penghantar arus listrik yang cukup baik. dan jangan terlallu lama juga untuk penanganannya.karena air kategori ini bisa mengendap dan bersarang pada komponen-komponen perangkat anda dan sulit di bersihkan.
  1. Segera Matikan perangkat anda jika perangkat masih hidup, dan jangan di nyalakan jika handpone anda mati.(supaya arus listrik yang ada dalam perangkat anda tidak menggila atau konslet pada komponen penting perangkat anda)
  2. Lepas baterai. Untuk tipe handphone sekarang ini banyak baterai yang tidak bisa di lepas atau istilahya "paten" untuk melepasnya lebih baik oleh ahli yang mengerti tentang handpone atau tukang service.
  3. Segera lepas Baterai 
  4. Bongkar handphone cuci dengan tiner,gosok dengan sikat sampai sisa2 air bersih dan keringkan bisa menggunakan haerdrayer atau blower.
  5. Jangan sesekali di coba carger,jika masih belum benar-benar kering atau masih lembab.


Mungkin itu saja tips untuk anda jika air mengganggu perangkat kesyangan anda. Pada intinya jika handphone terkena air entah itu sedik atau banyak jangan coba handphone di masukan baterai apalagi di coba di charger. usahakan handphone dalam keadaan kering.

Ada banyak persepsi bahwa handpone masuk air jika dimasukan ke dalam beras bisa membuat handpone menyala kembali, tapi pada faktanya tidak perlu masukan dalam beraspun handphone bisa hidup kembali tapi dengan catatan volume air tidak banyak dan tidak langsung mengena kedalam sirkuit penting dalam handpone anda.

Terimakasih sudah mampir di blog saya, media tempat curhat dan tempat berbagi. Semangat dan jangan takut mencoba.




advan,asus,experia,trick,tips,solution,flash,cara flash,samsung,firmware


Subscribe to receive free email updates: